Pages

Saturday, October 26, 2019

Tiga Pesan Jokowi untuk Wamen Jerry Sambuaga

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan dititipkan tiga pesan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurusi sektor perdagangan Indonesia. Pertama, ia diminta untuk menyelesaikan perundingan perdagangan internasional yang belum selesai.

"Itu kan banyak dan butuh waktu. Ini kan kompleks karena berhubungan dengan macam-macam negara, tidak hanya Indonesia," ucap Jerry, Sabtu (26/10).

Diketahui, salah satu perundingan perdagangan bebas yang sedang dikebut adalah perdagangan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).


RCEP adalah perjanjian perdagangan regional di antara 10 negara Asia Tenggara (Asean) dengan enam mitra perdagangan bebas Asean yakni China, India, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Pemerintah sebelumnya menargetkan penandatanganan perjanjian itu bisa dilakukan pada November 2020. Hal kedua yang diminta Jokowi adalah melibatkan pengusaha nasional untuk lebih aktif melakukan perdagangan ke luar negeri atau ekspor. Hal ini guna mengerek nilai ekspor yang melandai beberapa waktu terakhir.

"Ujung-ujungnya akan memberikan kontribusi yang sangat positif, bisa meningkatkan ekspor. Berbagai macam produk ditampilkan di luar negeri. Itu yang kami genjot," papar dia.

Jika ini berhasil, diharapkan neraca perdagangan Indonesia ikut membaik. Sebab, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang masih defisit pada September 2019 sebesar US$160 juta.

Jika diakumulasi, defisit neraca perdagangan Januari-September 2019 mencapai US$1,95 miliar. Realisasi defisit ini lebih rendah ketimbang periode Januari-September 2019 yang masih mencapai US$3,78 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto sebelumnya mengatakan defisit perdagangan terjadi karena nilai ekspor mencapai US$14,1 miliar, sementara impor hanya US$4,26 miliar. Kinerja ekspor turun persen dari bulan sebelumnya, sedangkan impor melorot lebih dalam 8,53 persen dari Agustus 2019.

Poin ketiga yang dititipkan Jokowi adalah mengkaji lagi mitra dagang strategis Indonesia pada waktu ke depan. Upaya ini juga diharapkan bisa memperbaiki perdagangan ke luar negeri.

"Tapi yang paling penting bagaimana eksekusinya. Pesannya jangan muluk-muluk yang penting konkret," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Untuk mewujudkan itu semua, Jerry mengaku masih harus melakukan koordinasi dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto terlebih dahulu. Ia baru akan melakukan koordinasi dengan Agus pada Senin (28/10).

"Kami harus rapat secara formal dengan pak menteri, direktur jenderal (dirjen), dan seluruh pihak di Kementerian Perdagangan. Senin nanti baru berkoordinasi," pungkas dia. (aud/fea)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Pm5KWj
via IFTTT

No comments:

Post a Comment