Pages

Thursday, July 18, 2019

Buwas Sebut Ada Salah Impor Jenis Beras

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut ada kesalahan dalam impor beras yang dilakukan pemerintah tahun ini. Jenis beras yang diimpor disebut tak sesuai dengan cita rasa orang Indonesia sehingga tak mudah terserap pasar.

"Dulu, beras (impor) itu dibeli saja, tidak didatangkan sejumlah yang dibutuhkan. Tapi tidak dipikirkan rasa berasnya seperti apa, untuk konsumsi siapa dan di mana," ujar pria yang akrab disapa Buwas ini saat berkunjung ke kantor CNNIndonesia.com, Kamis (18/7).

Menurut dia, 1,8 juta ton beras yang diimpor adalah jenis beras pera yang tak sesuai dengan cita rasa mayoritas penduduk Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia, menurut dia, lebih menyukai beras pulen.


"Satu-satunya cara beras itu harus kami campur dengan beras produksi dalam negeri yang pulen. Perbandinganya 1:3 sehingga bisa diterima masyarakat Jawa. Makanya, saat ini masih ada sisa 1,1 juta ton beras impor," jelas dia.

Menurut dia, kualitas beras impor tersebut sebenarnya bagus. Hanya saja, saat dimasak, rasanya tak sesuai dengan cita rasa sebagian besar masyarakat.


Buwas juga menyebut stok stok beras di gudang Bulog saat ini mencapai 2,5 juta ton. Stok tersebut, menurut dia, mencukupi hingga akhir tahun ini.

"Tahun ini saya pastikan masih butuh impor. Tapi saya rasa kalau ada musim kering hingga Maret masih mencukupi, kemudian April nanti lihat lagi seperti apa," pungkas dia. (agi)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Y9R1lU
via IFTTT

No comments:

Post a Comment