Pages

Friday, August 16, 2019

Pemerintah Impor 50 Ribu Ton Daging Sapi dari Brasil

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah akan mengimpor daging sapi dari Brasil sebanyak 50 ribu ton pada tahun ini. Hal tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi (rakor) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian baru-baru ini."(Impor daging sapi dari Brasil) ini keputusan rakor di Kemenko," ujar Enggartiasto kepada CNNIndonesia.com, Jumat (16/8).Izin impor ini diberikan kepada tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Berdikari, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan Perum Bulog. Mayoritas atau sebanyak 30 ribu ton daging sapi akan diimpor oleh Perum Bulog, sedangkan PPI dan Berdikari mendapat kuota masing-masing 10 ribu ton.Terkait kapan pastinya daging sapi itu mulai masuk ke Indonesia, Enggartiasto menyatakan bahwa hal itu bergantung di masing-masing BUMN. Namun, sebelum itu perusahaan pelat merah perlu menunggu surat penugasan langsung dari Kementerian BUMN. Ia sebelumnya sudah mengirimkan surat rekomendasi impor kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. Meskipun impor dilakukan ke Brazil, Enggartiasto menampik bahwa kebijakan tersebut ditempuh lantaran Indonesia kalah melawan negara itu di World Trade Organization (WTO).

Rencana impor dari Brasil sudah dikaji lama. 

"Tidak (ada kaitannya). Sudah lama kok (proses impornya)," terang Enggartiasto.Mengacu pada aturan yang berlaku, sambung dia, Kementerian Pertanian harus melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada daging sapi dari negara yang mengajukan impor. Setelah lolos uji kesehatan, baru dilakukan rakor di Kementerian Bidang Perekonomian untuk memutuskan jumlah dan penugasan ke BUMN.Dihubungi terpisah, Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo menambahkan bahwa perusahaan berencana memulai impor daging sapi dari Brasil pada September 2019 mendatang. Namun, manajemen masih harus menunggu surat penugasan dari Kementerian BUMN.

"Rencana mulai September kalau surat penugasannya segera dirilis. (Keputusan impor daging sapi dari Brasil) ini kan baru sekitar dua minggu yang lalu," pungkas Eko.

[Gambas:Video CNN]

(aud/agt)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2OZPrQf
via IFTTT

No comments:

Post a Comment