Pages

Saturday, August 17, 2019

Proyek Rp19 T akan Dibangun Pemerintah dengan Swasta di 2020

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan menyatakan ada 11 proyek infrastruktur yang berpotensi dikerjakan oleh pemerintah dengan bekerja sama swasta pada 2020 mendatang.

Nilai proyek tersebut mencapai Rp19,7 triliun dan sudah direncanakan masuk dalam APBN 2020 mendatang.

"Pembiayaan kreatif sudah meningkat. Kami harap semakin banyak yang bisa dipakai oleh pemerintah pusat dan daerah," ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jumat (16/8).

Ia merinci proyek itu berada di bawah naungan tiga kementerian, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Proyek infrastruktur di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi, yakni Palapa ring Barat dengan nilai investasi Rp1,2 triliun, Palapa Ring Tengah Rp1 triliun, Palapa Ring Timur Rp5,4 triliun, dan Satelit Multifungsi Rp6,6 triliun.

Kemudian, proyek dari Kementerian Perhubungan, antara lain Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor di Sumatera dan Jawa senilai Rp300 miliar, Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi Rp1,6 triliun, Kereta Api Makassar Parepare Rp1 triliun, Pengembangan dan Pengoperasian Pelabuhan Bau-Bau di Sulawesi Tenggara Rp200 miliar, dan Pengembangan dan Pengoperasian Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Rp300 miliar.

Sementara, terdapat dua proyek di bawah Kementerian PUPR. Keduanya adalah Jalan Non Tol Sumatra Selatan Rp900 miliar dan Jalan Non Tol Riau Rp1,1 triliun.

"Nilai-nilai tersebut merupakan capital expenditure (capex) atau estimasi nilai proyek,"pungkasSriMulyani.

(aud/agt)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Z0vLAA
via IFTTT

No comments:

Post a Comment