Pages

Thursday, September 19, 2019

TOD Cimanggis Solusi Transportasi Masyarakat Depok-Bogor

Jakarta, CNN Indonesia -- Jakarta dikenal sebagai kota dengan tingkat kemacetan terparah di Indonesia, bahkan semakin tahun kemacetannya semakin serius.

Berdasarkan data Dishubtrans 2015, jumlah kendaraan bermotor pribadi di DKI Jakarta mencapai 7,9 juta unit dengan rata-rata pertumbuhan 8,12 persen per tahun. Jika hal ini terus berlanjut, hanya bisa menunggu waktu lalu lintas di Jakarta lumpuh total.

Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi kemacetan di antaranya dengan menetapkan kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD). Kehadiran transportasi massal dinilai sebagai fasilitas yang wajib disediakan untuk kemudahan pergerakan orang-orang yang tinggal di kawasan hunian berbasis TOD.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono mengatakan untuk mengurangi kecenderungan penggunaan kendaraan pribadi yang menyebabkan kemacetan, transportasi massal di Jabodetabek wajib disediakan untuk memudahkan pergerakan orang-orang yang tinggal di kawasan hunian berbasis TOD.

"Pergerakan masyarakat dapat diminimalisasi dengan pengembangan kawasan yang berorientasi transit pada masing-masing wilayah," ujar Bambang melalui keterangannya, Selasa (17/9).

Salah satu kawasan hunian berbasis TOD adalah Podomoro Golf View (PGV) yang berjarak 100 meter dari exit tol Cimanggis. PGV telah diresmikan oleh pemerintah sebagai Kawasan TOD pada 21 April 2018.

"Diharapkan kehadiran TOD Gunung Putri di PGV dapat membantu masyarakat sekitar dalam mobilisasi dengan moda yang aman, murah, dan mudah," ujar Bambang.

Direktur Agung Podomoro Land Paul Christian menjelaskan pengembangan kota baru Podomoro Golf View merupakan upaya mendukung pemerintah mengatasi kemacetan. Di kawasan hunian terpadu yang dibangun itu terdapat stasiun LRT, park and ride, serta feeder untuk kendaraan umum.

"Dengan fasilitas yang ada, baik penghuni maupun masyarakat sekitar dapat memanfaatkan dengan baik sehingga bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi," ujar Paul.

Perubahan kebiasaan dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi publik pasti akan terjadi di semua kota besar di dunia. Indonesia, khususnya Jabodetabek, sedang menuju ke arah sana secara bertahap namun pasti.

Dengan segala persiapan yang dilakukan saat ini, nantinya kawasan TOD itu akan menjadi pilihan favorit masyarakat. (fef)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/307fbP4
via IFTTT

No comments:

Post a Comment