Pages

Monday, October 28, 2019

Dirut Bakal Dipanggil KPK, Jasa Marga Tak Ingin Ikut Campur

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk tak ingin ikut campur dalam persoalan dugaan korupsi yang tengah membelit Desi Arryani selaku direktur utama (dirut) perusahaan. Pasalnya, Desi tersangkut dalam kasus tersebut bukan saat menjabat sebagai pucuk pimpinan perusahaan penyelenggara jasa tol itu.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan rencana pemanggilan sekaligus pemeriksaan Desi terkait kasus dugaan korupsi pekerjaan fiktif pada 14 proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Desi dipanggil sebagai saksi atas tersangka kasus tersebut, yaitu Kepala Divisi II PT Waskita Karya periode 2011-2013 Fathor Rachman.

Lembaga anti-rasuah itu memanggil Desi karena ia pernah menjabat sebagai Kepala Divisi III Waskita Karya ketika proyek tersebut bergulir. KPK pun sudah sempat menggeledah kediaman bos perusahaan pelat merah itu sebagai permulaan atas penetapan status Desi sebagai saksi.


"Bila memang ada pemanggilan tersebut, itu terkait dengan tugas beliau saat menjabat di Waskita," ujar Sekretaris Perusahaan Jasa Marga M. Agus Setiawan kepada CNNIndonesia.com ketika dikonfirmasi pada Senin (28/10). Ia mengungkapkan perusahaan sejatinya belum mengetahui rencana pemanggilan Desi oleh KPK. Begitu pula dengan penetapan Desi sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi pekerjaan fiktif pada 14 proyek yang dikerjakan Waskita Karya.

"Kami belum mendapat informasi terkait pemanggilan tersebut," ucapnya singkat.

Agus juga enggan memberi tanggapan apakah kabar rencana pemeriksaan Desi oleh KPK akan mengganggu kinerja perusahaan pelat merah itu atau tidak.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Indrayati Iskak telah memberi pernyataan resmi bahwa lembaga anti-korupsi akan segera memeriksa Desi. Meski demikian, belum ada jadwal resmi kapan sekiranya Desi akan diperiksa.

"Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka FR (Fathor Rachman)," tutur Yuyuk.

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah menggeledah rumah Desi pada Selasa (12/2). Dari sana, penyidik menyita sejumlah dokumen penting terkait kasus dugaan korupsi pekerjaan fiktif pada 14 proyek yang dikerjakan Badan Usaha Milik Negara itu.

Selain Desi, penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap karyawan Waskita Karya, Imam Bukhori dan Direktur PT Mer Engineering Ari Prasodo. Keduanya juga akan dimintai keterangannya untuk tersangka yang sama.

Sebelumnya KPK sudah memeriksa Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan dan staf Keuangan Divisi II Waskita Karya Wagimin untuk menelisik aliran dana dari proyek fiktif. Selain juga guna melengkapi berkas penyidikan tersangka Fathor Rachman.

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan Fathor Rachman dan mantan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar sebagai tersangka.

Terdapat 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya itu. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, hingga Papua.

Fathor dan Yuly diduga telah menunjuk empat perusahaan subkontraktor untuk mengerjakan pekerjaan fiktif pada sejumlah proyek konstruksi yang dikerjakan Waskita Karya. KPK menaksir kerugian negara dari ulah dua pejabat Waskita Karya ini paling sedikit Rp186 miliar.

Perkiraan angka itu berasal dari perhitungan kerugian keuangan menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pembayaran Waskita Karya kepada sejumlah perusahaan subkontraktor fiktif.

Akibat ulahnya itu, Fathor dan Yuly disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.
[Gambas:Video CNN] (uli/sfr)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2BKDKUh
via IFTTT

No comments:

Post a Comment