Pages

Wednesday, July 24, 2019

Melawan Senja Kala PT Pos Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pos Indonesia (Persero) tengah bertahan dari gilasan zaman. Disrupsi teknologi berdampak pada laba perseroan yang kian susut. Berdasarkan laporan keuangan terakhir, laba bersihnya merosot 64 persen, yaitu dari sebesar Rp355 miliar pada 2017 lalu menjadi hanya Rp127 miliar pada tahun lalu.

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengungkapkan bisnis pos di seluruh dunia pasti mengalami persoalan dengan begitu cepatnya disrupsi teknologi di bidangnya.

"Orang mulai berpindah dari bisnis pos tradisional ke model-model baru yang terkadang itu juga di luar pemikiran mereka," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (25/7).

Melihat hal itu, mau tak mau, PT Pos harus bertransformasi sedemikian rupa, sehingga bisa mengejar perkembangan teknologi dan mampu menghadapi disrupsi yang terjadi. Jika terlambat bertransformasi, konsumen akan pergi dan beralih ke kompetitor yang dinilai mampu menjawab kebutuhan terkini.

Maraknya perdagangan berbasis daring (e-commerce) sebenarnya menjadi peluang bagi PT Pos untuk meningkatkan pemasukan dari lini bisnis kurirnya. Tahun lalu, pendapatan jasa kurir perseroan mendominasi dengan porsi Rp3 triliun atau sekitar 60 persen dari total pendapatan yang mencapai Rp5,5 triliun. Secara tahunan, pendapatan jasa kurir masih tumbuh 14 persen.

Namun, berbeda dengan beberapa dekade lalu, PT Pos kini harus berkompetisi dengan pemain yang ada. Karenanya, perlu strategi bisnis yang andal dari manajemen dengan memanfaatkan keunggulannya.

"Keunggulan PT Pos kan jaringannya yang luas sampai ke pelosok-pelosok. Gudang-gudangnya bisa dipakai, tinggal mereka melakukan standardisasi saja sehingga bisa menjadi sumber pendapatan baru," katanya.

Misalnya, perusahaan bekerja sama dengan pengelola platform e-commerce atau marketplace untuk memberikan layanan penyimpanan, pengepakan hingga pengiriman yang menyeluruh.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari manajemen PT Pos, perusahaan sebenarnya sudah menjajaki kerja sama dengan salah satu marketplace global Alibaba. Konsepnya, perusahaan ingin menjadikan seluruh kantor sebagai gudang penyimpanan (warehouse) Alibaba.


"Jadi, Alibaba tidak perlu lagi investasi untuk membangun gedung, tetapi gunakan saja kerja sama dengan PT Pos dengan menggunakan fasilitas PT Pos sebagai warehouse," jelasnya.

Namun, hingga kini, Toto belum mendengar kelanjutan dari potensi kerja sama tersebut. "Tidak hanya dengan Alibaba, dengan penyedia layanan e-commerce lain yang pasarnya di Indonesia besar kan juga bisa," terang dia.

Selanjutnya, untuk menghadapi disrupsi, perusahaan juga perlu merombak sistem operasi yang lebih efisien memanfaatkan teknologi. Dalam jangka pendek, sambung dia, kebutuhan sumber daya manusia di bisnis pos mungkin berkurang, namun perusahaan bisa memindahkan ke bidang lain. "Tanpa transformasi, mereka bisa digilas zaman," ucapnya.

Di sektor keuangan, tahun lalu, raupan pendapatan perusahaan dari lini bisnis ini merosot 7,7 persen dari tahun sebelumnya menjadi Rp896,68 triliun. Hal itu terjadi karena manajemen tak mampu bersaing dengan bank dan fintech.

PT Pos memang sulit bersaing dengan perbankan dan fintech, terutama dari sisi biaya. Maklum, untuk memanfaatkan layanan pengiriman uang lewat PT Pos, konsumen harus merogoh kocek Rp15 ribu. Pengiriman dana pun memerlukan waktu.

Sementara, layanan transfer dana jasa perbankan hanya mematok biaya Rp6.500 per transaksi, bahkan gratis. Dana yang dikirim itu pun diterima secara real time pada saat itu juga.

Melihat hal itu, Toto menilai perusahaan bisa serius menggarap perluasan akses keuangan di daerah terpencil dengan memanfaatkan keterbatasan jangkauan masyarakat ke layanan perbankan. Bila perlu, perluas bisnisnya dengan mendirikan bank seperti yang dilakukan oleh perusahaan pos di negara lain.

Pengembangan aplikasi pengiriman uang juga perlu dilakukan. Dengan demikian, bisnis remitansi perusahaan bisa bersaing di tengah gempuran perusahaan fintech yang menjamur.

Di saat yang sama, Toto mengingatkan peran PT Pos sebagai perusahaan pelat merah yang tidak semata-mata mencari profit, tetapi juga memberikan pelayanan publik (PSO). Dengan peran tersebut, sulit menyamakan kinerja BUMN dengan pemain swasta.

"Memang dibutuhkan manajemen yang oke yang mampu mengelola BUMN sehingga mereka bisa bertahan, tumbuh, tetapi PSO juga berjalan," ujarnya.

Melawan Senja Kala PT Pos IndonesiaIlustrasi kegiatan usaha PT Pos. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Pemerintah telah memberikan mandat kepada PT Pos untuk memberikan layanan pos universal yang tarifnya diatur. Karena menjalankan penugasan tersebut, manajemen mengklaim merugi Rp600 miliar. Untuk menutup kerugiannya, menurut Toto, perusahaan perlu menjalankan subsidi silang dari pemasukan lini bisnis lain seperti logistik.

Pemerintah, sambung ia, juga perlu menjaga keberlangsungan bisnis PT Pos dengan cara memberikan fasilitas yang memungkinkan gerak PT Pos menjadi lebih dinamis.

Selain itu, menurut Toto, sinergi antar BUMN perlu dilakukan. Bahkan, bila perlu, pemerintah bisa membentuk holding BUMN di bidang logistik agar skala bisnis perusahaan menjadi lebih besar. Selain PT Pos, salah satu perusahaan pelat merah yang bergerak di bisnis logistik adalah PT Bhanda Ghara Reksa (Persero).

"Dengan tidak bermain sendiri-sendiri, skalanya lebih besar. Kalau skalanya lebih besar, mestinya, daya saingnya juga lebih besar," jelasnya.

Bisnis logistik sendiri masih terbilang moncer bagi PT Pos. Tahun lalu, pendapatan bisnis logistik mekar 44,48 persen secara tahunan menjadi Rp510,94 miliar.

Kementerian BUMN, selaku pemegang saham mayoritas, sebenarnya mendukung upaya transformasi PT Pos. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menilai perseroan membutuhkan transformasi model bisnis dengan menekankan layanan kurir. Transformasi model bisnis juga perlu diterapkan pada entitas anak.

"Pertama kami membuat road map (peta rancangan) transformasi. PT Pos itu yang penting mengubah bisnis modelnya. Selama ini surat, dia harus berubah jadi paket," katanya.

Bahkan, pemerintah tidak mempersoalkan jika perseroan membutuhkan suntikan modal dalam rangka transformasi bisnis. Meski demikian, ia belum bisa menaksir kebutuhan itu karena perseroan sendiri masih mengantongi laba meski menyusut.

"Mumpung masih laba, kami ubah (model bisnis). Kami kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara regulasi seperti apa, korporasi seperti apa," jelasnya.


Belajar dari 'Tetangga'

Upaya transformasi sudah lebih dulu dilakukan oleh perusahaan jasa kurir swasta. Persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lincah dalam menyesuaikan diri.

"Saat e-commerce tumbuh seharusnya bisnis jasa kurir tumbuh karena, pada akhirnya semua barang yang dipesan online harus dikirimkan via jasa kurir," ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, POS dan Logistik Indonesia (Asperindo) M Feriadi.

Untuk meningkatkan pelayanan, lanjut ia, banyak perusahaan jasa kurir anggotanya yang melakukan pembenahan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang. Misalnya, mengembangkan aplikasi pelacakan pengiriman surat atau barang sehingga konsumen dapat dengan mudah melacak pengiriman melalui telepon pintar.

"Perbaikan situs juga dilakukan, sehingga interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah," kata pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) ini.

Sistem pembayaran juga disesuaikan. Perusahaan jasa kurir kini sudah banyak yang menerima pembayaran non tunai.

Banyaknya jaringan yang tersebar hingga ke pelosok juga dimanfaatkan perusahaan jasa kurir untuk mendiversifikasi layanannya. Salah satunya, bisnis remitansi.

Untuk itu JNE bekerja sama dengan perusahaan remitansi global Western Union. Peluang bisnis remitansi, menurut Feriadi, masih besar terlebih banyak pekerja Indonesia yang mencari penghidupan sebagai pekerja migran. Selain itu, jumlah orang yang belum memiliki rekening perbankan juga masih banyak.

"TKI-TKI yang bekerja di luar negeri, pedagang yang tidak bisa memanfaatkan layanan transfer melalui bank pasti menggunakan remitansi," paparnya.

Dengan jam operasional dan lokasi agen perusahaan yang lebih fleksibel dibandingkan pesaing, perusahaan menawarkan kenyamanan tersendiri bagi konsumen.

(bir)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2K2ajAM
via IFTTT

No comments:

Post a Comment