Pages

Sunday, November 3, 2019

10 Nilai IPO Terbesar di Dunia, Saudi Aramco Menuju Teratas

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Saudi memberikan 'lampu hijau' untuk perusahaan BUMN Saudi Aramco menggelar penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).  Namun, belum dipastikan jumlah saham yang akan dilepas. IPO Saudi Aramco disebut-sebut akan menjadi yang terbesar di dunia.

Kapitalisasi pasar Aramco diperkirakan sekitar US$2 triliun. AFP mengungkap Aramco diperkirakan melepas 2 persen dari sahamnya.

Lewat aksi korporasi ini, bisa diestimasi penjualan saham perdana Aramco akan mencapai US$40 miliar. Perusahaan energi ini akan mencatatkan sahamnya di bursa Saudi Stock Exchange. Aramco pun berpotensi menggeser Alibaba yang saat ini masih menjadi pemegang rekor IPO terbesar di dunia.


Hingga saat ini, perusahaan e-commerce asal China, Alibaba masih memegang rekor IPO terbesar senilai US$25 miliar. Perusahaan yang melantai di New York Stock Exchange pada 2014 lalu mengalahkan IPO raksasa teknologi lainnya, seperti Facebook, Dell, IBM hingga Apple.

Berikut daftar 10 IPO terbesar di dunia:

1. Alibaba meraup US$25 miliar pada 2014. Alibaba menggelar IPO di bursa saham New York.

2. Perusahaan multinasional SoftBank mengumpulkan US$23,5 miliar melalui IPO pada akhir 2018 lalu. Perusahaan telekomunikasi asal Jepang ini berhasil menjadi IPO terbesar sepanjang sejarah di Jepang.

3. AgBank meraup US$22,1 miliar pada 2010. Bank Pertanian China ini melakukan debut di pasar saham Hong Kong dan Shanghai.

4. ICBC mengumpulkan US$21,9 miliar ketika IPO di pasar saham Hong Kong dan Shanghai. Bank asal China ini go public pada 2006.

5. AIA Group mendapatkan US$20,5 miliar ketika mencatatkan saham di bursa Hong Kong pada 2010. AIA merupakan salah satu perusahaan asuransi raksasa asal AS.

6. Vica Inc mendapatkan dana segar dari IPO sebesar US$19,6 miliar. Perusahaan keuangan asal AS tersebut debut di bursa New York pada 2008.

7. NTT Docomo meraup US$18,4 miliar dalam IPO di Tokyo. Operator seluler Jepang ini melakukan debut di bursa pada 1998 silam.

8. General Motor mengumpulkan dana segar hingga US$18,4 miliar ketika IPO di New York dan Toronto. Perusahaan raksasa otomotif ini melantai di bursa pada 2010.

9. Enel mendapatkan US$17,4 miliar dalam IPO pada 1999. Perusahaan energi asal Italia ini mencatatkan sahamnya di bursa Milan dan New York.

10. Facebook mendapatkan US$16 miliar pada 2012 di bursa New York. Saat itu, perusahaan sosial media ini menjadi IPO terbesar di sektor teknologi.

[Gambas:Video CNN] (AFP/age)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2WEy4ER
via IFTTT

No comments:

Post a Comment